Kabagops Polres Serang Kota dan Pejabat Terkait, Hadiri Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Serang Tahun 2020

SERANG KOTA, polresserangkota.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang gelar Simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Direkap di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020 di halaman kantor Camat Jawilan kabupaten Serang, Sabtu (21/11/2020).

Dalam simulasi dihadiri oleh Pj.Bupati Serang, Wakapolres Serang, Kabagops Polres Serang Kota, Komisioner KPU RI, Komisioner KPU Provinsi Banten, Ketua KPU Kabupaten Serang, Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Komisioner Bawaslu, Ketua PPK Kabupaten Serang, Para Ketua KPU se-Propinsi Banten, Kepala OPD Kabupaten Serang, Muspika Kecamatan Jawilan dan Undangan lainnya.

Pihak KPU kabupaten Serang memberikan penjelasan tahap tentang proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Simulasi ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai gambaran dalam pelaksanaan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada masa pandemi covid19 di wilayah kabupaten Serang.

Sementara itu saat ditemui dilokasi, Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., yang diwakili Kabagops Polres Serang Kota AKP Yudha Hermawan, SH., MM., mengatakan pelaksanaan simulasi tersebut menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Penyelenggara, peserta dan pemilih wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), Sebelum memasuki area bagi peserta maupun pemilih diwajibkan mencuci tangan dan dilakukan pengecekan suhu terlebih dahulu,”katanya.

Selain itu juga, Masih kata AKP Yudha, tersedianya ruang tunggu pemilih dengan jarak antar pemilih 1 meter, mobil ambulance dan posko kesehatan.

“Juga tersedianya bilik suara bagi pemilih yang bersuhu tinggi diatas normal.”ucapnya.

Kabagops menuturkan bahwa sebelum pelaksanaan pemungutan, anggota KPPS melakukan sumpah netralitas penyelenggara dan dilanjutkan pembukaan kotak suara yang berisikan logistik di TPS yang disaksikan anggota panwas.

Pemilih memasuki TPS diwajibkan mencuci tangan dilanjut dengan pengecekan suhu kemudian diberikan sarung tangan plastik, apabila suhu diatas normal/tinggi, pemilih langsung diarahkan ke lokasi bilik tersendiri (dengan tetap menjaga jarak).

“Kehadirinnya dalam simulasi ini untuk mengetahui dan melihat langsung tahap demi tahap tentang bagaimana tatacara pelaksanaan Pemilukada ini yang di jelaskan langsung oleh penyelengara komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Serang,”tuturnya.

Untuk diketahui, jumlah daftar pemilih dalam DPT TPS 11 Kp. Curug Kuda RT.10 RW.02 Desa Majasari Kecamatan Jawilan kabupaten Serang sebanyak 312 orang, dengan rincian pemilih Laki-laki sebanyak 155 orang dan Perempuan sebanyak 157 orang dan Jumlah Bilik suara sebanyak 4 bilik dengan rincian 3 bilik pemilih dan 1 bilik pemilih bersuhu tinggi. (TP/HUMAS).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *