Idul Adha 1441 H, Polres Serang Kota Berkurban

Kota Serang, polresserangkota.com |  Hari Raya Idul Adha yang biasa di rayakan umat muslim di dunia dengan cara berkurban atau menyembelih hewan kurban yang merupakan salah satu amal baik yang disukai oleh Allah SWT.

Penyemblihan hewan yang dilakukan pada 10 Dzulhijjah dilaksanakan usai melangsungkan sholat Idul Adha dan pada pada hari tasyrik di 11-13 Dzulhijjah, bagi umat muslim yang mampu untuk membagi kebahagiaan kepada umat muslim lainnya yang tidak mampu.

Seperti halnya yang dilakukan Polres Serang Kota Polda Banten pada Jumat 31 Juli 2020 ini.

Saat ditemui usai Sholat Idul Adha di Lapangan Mapolres Serang Kota Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., mengatakan jika pada perayaan Idul Adha 1441 H Polres Serang Kota melalui seluruh anggota dan PJU menyisihkan sebagian rezeki yang didapat untuk membagikan kebahagian kepada sesama dengan menyembelih 20 hewan kurban.

“12 Sapi 2 Kerbau dan 6 kambing yang akan dibagikan dalam bentuk 2000 kupon daging untuk masyarakat,”kata AKBP Yunus usai melaksanakan sholad Idul Adha di lapangan Mapolres Serang Kota. Jumat (31/7/2020) pagi.

AKBP Yunus menambahkan, Berkurban dapat dilakukan dengan membeli hewan ternak secara pribadi atau berkelompok lalu menyembelihnya dan daging kurban dapat dibagikan kepada orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar.

“Ini semua dari seluruh anggota dan PJU Polres Serang Kota sebagai ladang ibadah kewajiban seorang muslim seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as,” tuturnya.

Pada momen Idul Adha kali ini dirinya berharap selain dapat membagi kebahagiaan ini tentunya menjadi moment kebersamaan antara Polri dengan masyarakat untuk dapat lebih dekat serta mempererat tali silatirahmi.

“Saya atas nama pribadi dan Polres Serang Kota mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1441 H, saya berharap dengan moment seperti ini hubungan antara Polri dan masyarakat dapat terjalin lebih baik lagi, dan yang terpenting dapat sama-sama merasakan kebahagiaan di hari raya ini,” ungkapnya.

Perintah kurban sendiri sudah diterapkan sejak masa Nabi Adam AS, Nabi Ibrahim AS, dan Nabi Muhammad SAW, Tercantum dalam Alquran di surat Al-Kautsar ayat 2 dan surat Al-Hajj ayat 34-35.

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah,” terjemahan surat Al-Kautsar ayat 2.

Sejumlah hadis juga meriwayatkan Rasulullah SAW berkurban saat Hari Raya Idul Adha. Rasulullah disebut melakukan kurban setiap tahun dengan menyembelih kambing. Selain kambing, ternak lain yang bisa dijadikan hewan kurban ialah domba, sapi, kerbau, dan unta.

“Allah memberikan sejumlah keutamaan bagi orang yang berkurban. Salah satunya adalah ampunan untuk keluarganya. Berkurban juga dapat menyucikan atau membersihkan harta dan rezeki yang telah diperoleh. Di samping menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan,”ujarnya.

“Dengan begitu, umat Islam yang berkurban dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan. Pungkasnya. (TP/HUMAS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *